Kamu Harus Tahu! Inilah Sejarah Kebaya Di Indonesia

09 March 2018 - Kategori Blog

Kebaya Indonesia – Bagi warga Indonesia, pakaian model kebaya merupakan sebuah warisa leluhur yang wajib untuk terus dilestarikan. Kebaya sendiri merupakan pakaian yang memang sudah ada di Indonesia sejak berabad – abad yang lalu dan sangat identik dengan cara berpakaian wanita pribumi. Wanita yang paling banyak mengenakan baju kebaya pada mulanya adalah kaum bangsawan atau keluarga kerajaan. Akan tetapi, setelah mengalami perkembangan zaman kebaya kini bertransformasi menjadi sebuah pakaian tradisional yang bisa menampilkan kesan elegan dan modern. Kebaya di masa kini banyak dikenakan oleh para wanita terutama dalam upacara perkawinan alias kondangan. Tetapi, di balik semua itu tahukan Anda sejarah tentang kebaya di Indonesia?

Sebagai bagian dari pada warga negara Indonesia, kita tidak hanya dituntut untuk turut melestarikan peninggalan budaya dari leluhur. Akan tetapi kita juga perlu untuk belajar tentang sejarahnya. Salah satu yang sayang untuk dilewatkan adalah tentang sejarah kebaya Indonesia. Pakaian adat yang satu ini sangat erat kaitannya dengan sejarah bangsa Indonesia di masa lalu. Kebaya mulai populer sejak masa penjajahan Belanda di mana para wanita bangsawan banyak yang mengenakan baju kebaya ini. Mereka biasanya melengkapi cara berpakaian kebaya mereka dengan rentengan hiasan mulai dari cincin, kalung, sanggul, dan sebagainya. Sedangkan masyarakat pribumi biasa mengenakan kebaya dengan lebih sederhana yakni cukup dikombinasikan dengan kemben saja.

Bisa dikatakan bahwa sejarah kebaya Indonesia masih sangatlah luas untuk dibahas. Banyak sumber yang mengatakan bahwa kebaya awalnya berasal dari Tiongkok lalu diterima di negara Indonesia. Kebaya sebenarnya bukanlah pakaian yang banyak digunakan di Jawa saja sebab daerah luar Jawa pun juga memiliki kebaya dengan khasnya masing – masing. Akan tetapi, daerah Jawa Tengah memang yang paling identik dengan pakaian kebaya. Apalagi di sana terdapat dua keraton yang masih mengusung kebaya sebagai pakaian keseharian mereka.  Pada upaca adat pernikahan misalnya, masyarakat Jawa juga masih suka menggunakan kebaya dari beludru sebagai pakaian kebesaran kedua pengantin. Jadi, bisa disimpulkan bahwasanya kebaya Indonesia memiliki peran penting dan masing – masing daerah memiliki ciri khas berbeda.

KONTAK CS VIA WA, KAK..... >>
[Fake-notification id="1"]