• Jam Buka Toko: 08.00-18.00 WIB
  • Status Order
  • SMS/WA: 081391787787 (pagi) & 085725275755 (siang)
  • Line : @kebayacantikmu
Terpopuler:

Mengetahui Makna Busana Kebaya Pernikahan Berwarna Putih

13 March 2018 - Kategori Blog

Dalam setiap acara pernikahan kita seringkali menjumpai calon pengantin baik pria maupun wanita menggunakan pakaian pernikahan serba berwarna putih. Bukan hanya di Indonesia, diluar negeri juga hampir setiap acara pernikahan identik dengan calon pengantin yang berpakaian serba putih. Di Indonesia sendiri hampir semua calon pengantin wanita baik dari berbagai kalangan dan yang terutama berasal dari pulau jawa memilih busana kebaya dibandingkan dress pesta untuk dijadikan sebagai baju pengantin dan utamanya pemilihan warna putih untuk kebaya itu sendiri menjadi mayoritas pilihan warna bagi calon pengantin wanita. Calon pengantin biasanya memilih warna putih bukan karena tidak ada sebab melainkan warna putih itu sendiri mempunyai makna yang mendalam yang akan sesuai dengan berlangsungnya acara pernikahan. Warna putih itu sendiri memiliki arti yaitu kesucian, kebaikan, dan kesederhanaan. Selain itu warna putih sendiri menjadi simbol akan pernikahan yang berlangsung begitu sakral dan suci dalam setiap momennya.

kebaya putih

Pemilihan busana pengantin kebaya berwarna putih sendiri biasanya digunakan saat proses akad nikah atau proses pemberkatan calon mempelai dan setelah itu, untuk acara resepsi biasanya calon mempelai berganti kebaya dengan motif dan warna busana kebaya yang cenderung berbeda dan berwarna-warni. Pemilihan warna putih itu sendiri dimulai saat masa abad pertengahan di eropa dimana saat itu warna pakaian menjadi identitas dan penanda status social seseorang. Seperti halnya bahan jenis pakaian, hanya orang-orang yang memiliki status bangsawan yang dapat memakai pakaian berbahan sutra,renda,beludru,dan satin dan warna yang digunakan pada busana pakaian yaitu warna-warna yang cerah seperti warna emas,biru atau ungu. Terdapat banyak sekali mitos yang mendasari dalam pemilihan warna untuk baju pengantin, seperti halnya, pemilihan warna baju pengantin berwarna hitam dan putih yang jarang digunakan karena dianggap bahwa warna tersebut melambangkan kondisi saat berkabung. Warna putih sendiri masih sangat awam untuk digunakan sebagai busana pernikahan hingga dimasa tahun 1840 dimana saat itu Ratu Victorian menikah dengan Pangeran Albert dan menggunakan gaun pengantin yang berwarna putih. Status Ratu Victoria sebagai bangsawan kerajaan menjadi salah satu latar yang membelakangi adanya trendsetter gaun berwarna putih untuk acara pernikahan. Gaun pernikahan berwarna putih dimasa tersebut menjadi booming sehingga gaun pernikahan berwarna putih victorian menjadi hits dikalangan orang eropa.

Penggunaan busana pernikahan berwarna putih pada masa victorian menjadi suatu tradisi yang terus ada dan berkembang dari masa ke masa hingga sampai sekarang ini. Warna putih sendiri menjadi pilihan warna bagi calon pengantin  karena dianggap menggambarkan kesucian dalam sebuah pernikahan. Seakan warna putih tersebut memang menjadi warna khusus yang hanya diperuntukkan bagi busana pernikahan calon mempelai pengantin. Tidak hanya dress saja tapi pakaian-pakaian adat seperti kebaya juga ikut terbawa tradisi masa victorian. Oleh karena itu, tidak heran saat akan mengadakan pernikahan, busana kebaya berwarna putih menjadi salah satu busana pernikahan yang  utama dicari bagi calon mempelai wanita untuk digunakan saat proses akad nikah. Mengetahui bahwa makna warna putih sendiri yang sangat sesuai dengan makna dibalik pernikahan tersebut.

kebaya putih

Demikian informasi makna dibalik busana kebaya pengantin berwarna putih yang dapat saya sampaikan  dan semoga informasi diatas dapat tambahan informasi dan inspirasi pilihan warna kebaya bagi anda calon pengantin yang sedang bingung dalam mencari pilihan model kebaya yang tepat untuk melangsungkan salah satu momen penting dalam di hidup anda.

 

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Comments are closed.